Almamater Memanggil

Mari Kita Buat Sejarah….

Dalam hidup kita ini, banyak romantika dan warna-warninya. Mari kita isi romantika hidup kita ini dengan sesuatu yang benar-benar berarti. Salah satunya, kita bersama-sama dapat membuat sejarah. Sejarah perjalanan almamater kita, yang penuh kenangan dan banyak jasanya bagi kehidupan kita. Kini, kita bersama-sama mendapat kesempatan untuk membuat sejarah yang ketiga.

Dalam perjalanan almamater kita, sejarah yang pertama terukir pada tahun 1954.Ketika itu, para anak-anak muda pejuang kemerdekaan yang pernah tergabung di dalam Detasemen III, Brigade XVII/Tentara Pelajar memprakarsai berdirinya SMA Negeri Purworejo. Dengan prakarsa mereka, pada tahun 1955 berdirilah sebuah SMA Negeri satu-satunya di Indonesia yang berada di sebuah kota kabupaten. Itulah almamater kita tercinta, SMA Negeri Purworejo. Waktu itu belum mempunyai gedung sendiri, sehingga digunakanlah Gedung Balai Rakyat sebagai tempat belajar.

Sejarah yang kedua terukir, ketika almamater kita, SMA Negeri Purworejo memiliki gedung sendiri pada tahun 1975. Jadi, setelah kira-kira 20 tahun berkampus di Gedung Balai Rakyat,barulah almamater kita memiliki kampus sendiri. Jangan dikira bahwa kampus itu hadiah yang jatuh dari langit. Dari ruang-ruang yang ada, hanya sebagian kecil yang dibiayai dari anggaran pemerintah. Sisanya dibiayai dari dana swadaya masyarakat. Mereka itulah yang telah mengukir sejarah yang kedua dalam sejarah perjalanan almamater kita.

Kini saatnya, kita lah yang akan mengukir sejarah yang ketiga. Kampus yang kita miliki itu telah berusia 35 tahun. Meskipun masih berfungsi baik, tetapi sudah tidak memadai lagi untuk sebuah aktifitas pendidikan berwawasan ke depan. Almamater kita, yang kini namanya menjadi SMA Negeri 1 Purworejo, memerlukan kampus yang lebih modern, yang sesuai dengan era global dan syarat dengan kompetisi antar-negeri. Anggaran pemerintah jelas tidak akan mencukupi untuk membangun kampus almamater kita menjadi kampus modern seperti itu. Dan, rasanya kita juga tak akan sampai hati kalau harus membebani orang tua siswa untuk mengeluarkan uang extra berjuta-juta. Untuk itu, ribuan alumni dalam beragam profesi, marilah kita bersatu padu. Kita satukan tekad bersama untuk mengukir sejarah yang ketiga. Kita akan kerahkan seluruh potensi masyarakat untuk berkontribusi, tetapi alumni mempunyai tanggung jawab yang pertama.

Bagaimana kita melakukannya?
Saat ini sedang dibuat Rancangan Kampus SMAN-1 Purworejo berwawasan masa depan oleh sebuah Tim Perencana yang terdiri dari para alumni. Pada waktu yang bersamaan, Paguyuban juga sedang menyusun proposal. Semua ini diharapkan tuntas diselesaikan hingga akhir 2011.Biaya yang diperlukan mencapai sekitar 35 miliar.

Sepanjang 2012-2013 Paguyuban akan melakukan kampanye penggalangan dana (fundraising).Sasarannya adalah para alumni, tokoh masyarakat, dunia usaha nasional, termasuk BUMN dan swasta nasional/multinasional.

Pada tahun 2013, pembangunan kampus akan dimulai secara bertahap, sesuai dengan hasil penggalangan dana, dan diharapkan pada tahun 2015 almamater kita telah memiliki Kampus baru yang megah dan modern.

Apa yang bisa alumni lakukan?
1. Semua alumni harus berpartisipasi, sesuai kapasitas/kemampuan masing-masing. Bentuk partisipasi bisa beragam bentuk, bisa berupa uang, informasi, dan komunikasi.

2. Partisipasi dalam bentuk uang, bisa sendiri-sendiri, bersama-sama beberapa orang (tidak harus dalam 1 angkatan), atau beberapa orang yang tergabung dalam 1 angkatan. Partisipasi yang terakumulasi senilai 250 juta akan diabadikan pada sebuah ruang kelas. Jadi misalnya, terdapat 50 orang masing-masing berkontribusi 5 juta rupiah (nama 50 orang itu akan dicantumkan dalam sebuah prasasti di sebuah ruang kelas).

3. Partisipasi dalam bentuk informasi dapat berupa:

  • Informasi kepada Paguyuban untuk mendapatkan dana CSR (community social responsibility)/sponsor dari perusahan-perusahaan, baik BUMN maupun swastanasional/multinasional.
  • Informasi kepada Paguyuban bila mengetahui ada alumni yang bekerja pada posisi penting pada perusahan BUMN atau swasta nasional/multinasional;
  • Informasi kepada Paguyuban bila memiliki informasi tentang tokoh masyarakat/pengusaha baik alumni ataupun bukan alumni yang berpotensi untuk berkontribusi bagi pembangunan Kampus almamater kita.

4. Partisipasi dalam bentuk komunikasi berupa penyebarluasan kegiatan Paguyuban ini kepada para alumni dan pihak lainnya yang dipandang berpotensi untuk berkontribusi.

Bila anda memiliki informasi atau memerlukan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Pembangunan Kampus SMAN-1 Purworejo ini, harap menghubungi:

Email : humas.mudaganesha@yahoo.co.id
Faks : 021-3148551
HP : 081-113-2000 (disarankan SMS dulu)

Terlampir pula draft proposal yang dapat Anda downlod DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please complete the arithmetic *