Cerita dibelakang berdirinya TBKG

Dari kepedulian MG92 di Purworejo, yang melihat minat baca anak-anak kurang mendapatkan penyaluran, terbetiklah ide untuk mendirikan semacam Taman Bacaan kecil. Dimotori Arif Mustawan sebagai “lurah”nya MG92 dimulailah proses pendirian taman bacaan itu. MG92 di Purworejo dengan giat membuat berbagai proposal untuk mewujudkan keinginan mulianya mencerdaskan generasi muda lewat membaca. Dari para aktivis MG92 di Purworejo (Arif Mustawan, Soebowo, Iswahyuni, Ken Dewanti, Kiki Prihantono, Eny Mungawanah, M. Arbaah Mintaraga, Rosyid, dan masih banyak lagi), mencoba mencari tempat untuk taman bacaan tersebut. Pada mulanya, masih numpang di Museum Tosan Aji (tempat Soebowo berkarya). Tapi berkat kegigihan dari mereka (terutama motornya Arif, Soebowo, Kiki, Yosi), akhirnya MG92 berkolaborasi dengan Karang Taruna Purworejo mendapatkan bantuan tempat dari Lurah Purworejo, yaitu menempati satu bangunan di komplek Kelurahan Purworejo (terima kasih yang tak terhingga kepada Ibu Lurah). Dari situ mulailah kegiatan pengumpulan buku ini menggeliat. Pengajuan proposal membuahkan hasil untuk bantuan dari Propinsi Jawa Tengah untuk pengelolaan taman bacaan.

Dan bertepatan dengan momentum Reuni Akbar Pulang Kandang, rencana pengumpulan buku ini semakin menggelora sebagai kegiatan bakti dari MG92 untuk masyarakat Purworejo. Semakin meriah dan bersambut, dengan bergabungnya MG92 dari Jakarta untuk ikut berpartisipasi dalam program mengumpulkan 1000 buku. Dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, rekan-rekan MG92 menyisihkan rizkinya untuk secara sukarela memberikan bantuan moril dan materiil demi terwujudnya Taman Bacaan ini. Ada yang berupa uang, buku-buku dan majalah (baik baru maupun bekas), berbagai benda keperluan taman bacaan, dan yang tak terhitung menyumbangkan waktu, tenaga dan pikiran agar taman bacaan ini segera dapat beroperasi dengan selayaknya. Akhirnya, dengan rahmat Allah SWT, dari segala upaya dan berbagai keterbatasan, dengan bangga MG92 bekerjasama dengan Karang Taruna Kelurahan Purworejo mempersembahkan sebuah taman bacaan yang bernama TAMAN BACAAN KARANG GANESHA, launching dengan meriah pada tanggal 13 Juni 2010. Dihadiri oleh pemuka masyarakat dan masyarakat sekitar kelurahan Purworejo.

Mengharukan sekali melihat antusiasme mereka menyambut berdirinya TBKG. Sekarang setelah TBKG ini berdiri, kita jugalah yang harus menjaga agar TBKG tetap berjalan seperti yang kita impikan. Memperbanyak koleksi bacaan yang bermutu, memberikan kegiatan tambahan yang menarik, menertibkan administrasinya, dan terus berupaya menyebarluaskan kepada masyarakat serta sekolah-sekolah di kawasan Purworejo. Untuk sementara ini, terima kasih yang tak terhingga kepada rekan-rekan yang telah menyediakan waktunya untuk “bertugas piket” di TBKG tanpa ada imbalan apa-apa. Sumbangan buku-buku masih kami nantikan untuk memperbanyak koleksi di TBKG. Dan kepada rekan-rekan MG92 ataupun warga Muda Ganesha lainnya, marilah ikut serta berkontribusi nyata, walaupun hanya ini yang kami bisa. Semoga TBKG bisa maju dan berkembang, dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya. Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please complete the arithmetic *